Bingkai atau frame foto unik Photoshop

Yupz,,, Bro,, mampir yach




Salam photoshoper, balik lagi nih! kali ini kita akan membuat tutorial trik photoshop frame atau bingkai foto unik, dengan mengunakan photoshop. Untuk mempercantik photo kamu biar agak-agak gimana gitu! alias keren. Walaupun sebelumnya saya pernah juga membuat tutorial mengenai ini. Cuma kali ini agak beda triksnya.

Oke seeep, langsung saja kita mulai. en one.. en two.. en three...!!!

Nyalakan photosop kamu.
Buat file baru File --- New
Whidth 450pixels, Height 350pixel. Pilih Background color warna hitam.



Sudah jadi buka kunci(lock layer) caranya klik icon kunci di layer panel, maka akan muncul kotak new layer beri nama frame


Seperti layaknya bingkai, maka kamu perlu mengatur sisi-sisinya dan kosong di tengahnya. Untuk membuat frame, yang kita butuhkan adalah garis bantu dan penggaris. Tenang-tenang ga perlu penggarisan beneran kok, di photoshop sudah di siapkan.

KLIK View --- New Guide (lakukan sebenyak 4x)
- Vertikal Position : 50 px (ganti 0 in, menjadi 50(spasi)px)
- Vertikal Position : 400 px
- Horizontal Position : 50 px
- Horizontal Position : 300 px

Maka akan di dapat ke empat garis bantu seperti gambar di bawah ini :


Seleksi bagian tengahnya dengan Rectangular Marquee Tool, kemudian tekan tombol back space(hapus) pada keybord (lihat gambar). Jika sudah klik lagi View --- Clear Guides (untuk menghilangkan garis bantu).


Langkah selanjutnya : KLIK Filter --- Distort --- Ripple


Sudah, good.. Ctrl+Klik pada layer frame untuk menseleksi, maka secara otomatis layer frame akan terseleksi.

Buka yang ingin di jadikan gambar frame, saya mengunakan foto galaksi seperti ini. Gambarnya bisa apa saja tergantung dari kesukaan kamu, bisa gambar gunung, pantai, laut, langit, buah dll, sekarap nye (he he he).


Sudah di buka foto baru, KLIK Ctrl+A dan Crtl+C.

Kembali ke layer frame KLIK Ctrl+V dan frame jadi terisi gambar galaxi tersebut. Atur posisinya sedemikian rupa KLIK Ctrl+T (free transform)


Nah hasiknya akan seperti di atas, keren khan! belom selesai, masih lanjut. Berikan sedikit efek pada frame. Sorot Layer 1. KLIK kanan pada layer 1 --- Blending Options Pilih Bevel and Emboss pada layer styles. Pengaturannya KLIK pada kata Bevel and Emboss. Pegaturan saya kurang lebih seperti di bawah :


Buka foto, yang mau kamu masukkan ke dalam bingkai. Drag dengan mengunakan Move tool. Kemudian pindahkan layer 2 (foto Cathy Holmes) menjadi di bawah layer 1 (foto galaxi). Caranya, Klik pada layer 1 dan drag ke atas.




Sorot layer2 (foto Cathy Holmes) tekan Ctrl+T. Atur posisinya agak miring dan Apply.


Terakhir adalah menambahkan hiasan pada photo, sebagai contoh saya gunakan foto balon, bunga matahari dan bunga mawar. Untuk menghiasi sisi sebelah kanan pojok bawah dan atas.


Untuk mengatur tata letak hiasan pada frame gunakan,

Magnetic Lasso tool untuk menseleksi, kumidian di drag ke foto bingkai.
Jika gambar terlalu besar kecilkan dengan Free transform (Ctrl+T).
Dan terakhir atur, di putar sedemikian rupa dengan Free Transform (Ctrl+T).
Jangan lupa turunkan masing-masing opacity nya menjadi sekitar 60% (di layer panel)


Hasil akhirnya tereng... teng.. teng..!! "Tersenyum dia-nya pada-ku.. manis.. maniss.. manisss!!,..."


Yap! selamat mencoba! dengan tehnik ini kamu bisa, mengembangkannya lagi sendiri, sesuai dengan stlye kamu sendiri. Oke bye.. bye...!! Peace...!!

0 komentar: